Senin, 09 November 2015

Accounting Information System


Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan suatu sistem atau susunan dari beberapa komponen yang mengumpulkan, mengklasifikaskan, mengolah, menganalisis, dan mengkomunikasikan data keuangan dari siklus akuntansi, menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen dalam pengambilan keputusan.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem Informasi Akuntansi memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan dari akuntansi itu sendiri. SIA menciptakan prosedur yang urut dan jelas untuk memproses data keuangan (transaksi) menjadi informasi, berupa laporan keuangan.

Sebagai suatu sistem, sistem informasi akuntansi memiliki keluaran atau output, yaitu :
1.    Informasi Akuntansi Keuangan (IAK)
Informasi hanya berupa data keuangan, ditujukan kepada pihak eksternal sehingga harus memakai prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum.
2.    Informasi Akuntansi Manajemen (IAM)
Mengandung informasi keuangan dan nonkeuangan, ditujukan kepada pihak internal (manajemen) sehingga penyajiannya disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.



Daftar Pustaka
Admin Ilmu Akuntansi. 2012. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (on-line). http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-sistem-informasi-akuntansi/, diakses 6 November 2015.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

My name is Rayi Okty Hapsari. I come from XI IPA 2 (SID), State Senior High School 1 of Kebumen. I'm a Twihard and Westlifer.

125x125 Ads1

Pages


Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About Me

Foto Saya
Rayi Okty Hapsari
Lihat profil lengkapku